Kenali Beberapa Jenis Mesin Cuci

Mencuci pakaian merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat para distributor alat elektronik berupaya menciptakan beberapa alat rumah tangga yang bertujuan untuk membantu pekerjaan rumah menjadi mudah dan praktis. Salah satu jenis alat rumah tangga yang saat ini banyak digunakan dan banyak membantu pekerjaan ibu rumah tangga salah satunya yaitu mesin cuci. Berbeda ketika jaman dahulu khususnya di daerah pedesaan aktivitas mencuci pakaian biasanya dilakukan di beberapa sungai atau kali dan pemandian umum. Lain halnya dengan kondisi saat ini keberadaan alat pencuci pakaian sudah hampir merata digunakan oleh kebanyakan ibu rumah tangga yang menginginkan proses mencuci pakaian jadi lebih cepat, bersih dan tidak merusak pakaian.

Seiring perkembangan teknologi saat ini, mesin cuci mengalami beberapa perubahan sejak pertama kali dibuat. Semua itu tentunya tak lepas dari inovasi yang semakin berkembang meskipun semuanya itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa jenis alat pencuci pakaian ini antara lain :

  1. Jenis dua tabung

Jenis yang pertama yaitu berbentuk dua tabung. Jenis alat mencuci ini memiliki dua tabuh dengan posisi sejajar. Tabung yang pertama berfungsi sebagai tempat merendam dan membilas pakaian. Proses pencuciannya pun cukup mudah, setelah tabung diisi air dan detergent kemudian masukan pakaian kotor yang akan kita cuci, setelah itu tinggal putar tombol pembilas sesuai waktu lama pembilasan yang kita inginkan. Jika tombol pembilasan sudah berhenti, lakukan penggantian air hingga 2-3 kali sampai busa pada air bilasan berkurang. Bilasan terakhir sebaiknya memakai pewangi pakaian sesuai selera Anda. Setelah busa pada tabung pembilasan sudah hilang, langkah berikutnya yaitu masukan pakaian tadi ke tabung yang satunya lagi yaitu tabung pengering. Jangan lupa untuk memakai penutup khusus apabila mau mengeringkan pakaian. Hal ini supaya sewaktu dilakukan proses pengeringan, pakaian tidak akan masuk ke samping tabung yang ditakutkan akan merusak komponen mesin yang ada di bagian bawah.

 

  1. Jenis top loading / satu tabung

Jenis alat elektronik untuk mencuci pakaian berikutnya yaitu jenis satu tabung atau kita sering menyebutnya dengan istilah top loading. Hal yang membedakan dari jenis dua tabung yaitu tentu saja jumlah tabungnya. Pada jenis top loading semua proses mencuci dari mulai merendam, membilas dan mengeringkan pakaian dilakukan pada satu tabung. Model mesin pencuci pakaian ini biasa memiliki ukuran tabung yang lebih luas, sebab semua proses pencucian dilakukan dalam satu tabung yang tentunya membutuhkan ruang yang lebih besar.

 

  1. Jenis front loading

Hal yang membedakan jenis pencuci pakaian ini yaitu letak pintu tabung yang berada di bagian depan. Selain itu arah putaran mesin pun tentunya berbeda yaitu berputar secara vertikal. Jumlah tabungnya hanya satu sehingga proses pencucian pakaiannya hampir sama dengan jenis top loading.

Itulah beberapa jenis mesin cuci yang ada saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*