Macam Audio Player dan Format Audio

 

Audio Player adalah salah satu elemen yang penting yang ikut berperan dalam  membangun sebuah sistem untuk berkomunikasi dalam bentuk suara. Audio merupakan suatu sinyal elektrik yang akan membawa sebuah unsur bunyi didalamnya. Perlu diketahui bahwa Audio sendiri terbentuk dari beberapa tahap, yakni tahap pengambilan atau penangkapan suara, jadi sambungan dengan adanya transmisi pembawa bunyi, kemudian amplifier dan lain sebagainya. Ada bermacam-macam jenis audio yang dikelompok berdasarkan media yang digunakannya. Antara lain :

  1. Audio Visual adalah istilah yang biasa pakai untuk seperangkat soundsystem yang dilengkapi dengan sebuah tampilan gambar, biasanya digunakan untuk menyampaikan sesuatu (presentasi).
  2. Audio Streaming adalah istilah yang biasa dipakai untuk mendengarkan siaran secara langsung melalui jaringan internet. Misalnya saja ialah Winamp (MP3), kemudian RealAudio(RAM) dan Liquid Radio.
  3. Audio Modem Riser (AMR) adalah istilah yang biasa dipakai untuk sebuah kartu plug-in. dan juga untuk motherboard intel yang memuat sirkuit audio atau sirkuit modem.

MACAM-MACAM FORMAT AUDIO

Ada bermacam-macam format atau ekstensi audio yang sering Anda jumpai. Akan tapi yang cukup luas dan dikenal oleh masyarakat antara lain :

  1. MP3 atau (MPEG, Audio Layer 3) merupakan sebuah format audio yang dikembangkan oleh Fraunhoper Institude dengan bitrate 128 kbps. Dalam waktu yang singkat MP3 menjadi sebuah format paling populer dalam musik digital. karena ukuran filenya yang sangat kecil dan kualitasnya juga tidak kalah dengan CD Audio
  2. WAV merupakan sebuah format audio yang merupakan standar suara de-facto di Windows. Pada dasarnya format ini dijadikan sebuah jembatan penghubung untuk file yang akan dikonversi ke format yang lain. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman banyak pengguna yang melewati tahap ini. Dengan mengkonversi file secara langsung ke format yang telah diinginkan tersebut. Format ini memang jarang digunakan sebab ukuran filenya yang lumayan besar.
  3. AAC atau (Advanced Audio Coding) merupakan format audio yang menjadi standar Motion Picture Experts Group (MPEG). Jadi Sejak standar MPEG-2 ini diberlakukan pada tahun 1997. Dalam hal ini sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz atau dua kali sample rate MP3. Jadi Kualitas audio dengan format ini cukup baik. bahkan pada tingkat bitrate paling rendah sekalipun. Salah satu pengguna format audio ini ialah iTunes.
  4. WMA atau (Windows Media Audio) merupakan sebuah format audio yang ditawarkan oleh perusahaan teknologi terbesar yang ada dunia yakni Microsoft Corporation. Jenis Format audio ini sangat disukai oleh vendor musik online. Sebab dukungannya terhadap Digital Right Management (DRM)  tersebut yaitu suatu fitur yang digunakan untuk mencegah adanya pembajakan musik. Namun Selain itu, menurut isu yang beredar format audio tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dari pada AAC dan MP3.
  5. Ogg Vorbis merupakan satu-satunya format audio yang terbuka dan gratis untuk public. Adapun Kelebihannya terletak pada kualitas audio yang tinggi. meskipun pada bitrate terbilang rendah. Winamp versi terbaru ini sudah mendukung format audio yang satu ini.
  6. Real Audio merupakan sebuah format audio yang sering dijumpai pada bitrate rendah. Namun Format ini dikembangkan oleh RealNetworks untuk layanan streaming. Dengan audio pada bitrate 128 kbps ke atas.
  7. MIDI merupakan format audio yang biasa digunakan untuk ringtone pada handphone. Sebab ukuran filenya yang kecil tapi sayang format audio ini hanya cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer saja.

Itulah beberapa macam audio player dan format audio, yang bisa menambah pengetahuan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*